Jalan-jalan di Palembang

October 6, 2008 at 2:16 pm Leave a comment

Palembang sekarang ternyata bener-bener berubah. Banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi terutama bagi teman-teman yang suka jalan mencari tempat makan dan lokasi menarik. Beda banget dengan 5 – 10 tahun yang lalu ketika palembang belum berbenah. Aku aja bingung waktu itu ketika harus mencari tempat untuk makan, ngobrol atau sekedar jalan. Yang ada waktu itu hanyalah cari makanan khas palembang ataupun jalan-jalan di mal.

Nah, kalo baru pertama kali ke Palembang. Kalo menggunakan pesawat, maka kita akan mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II). Dahulu bandara ini namanya Bandara Talang Betutu, karena terletak di daerah Talang Betutu. Tahu gak kalo Betutu itu adalah sejenis ikan yang merupakan salah ikan khas Palembang. Wah jadi ngaco…
Nah dari Bandara ini kita menuju pusat kota bisa dengan menggunakan taxi atau bis shuttle. Aku sendiri belum pernah naik shuttle ke kota, dari kata teman-teman ngetemnya lama banget.

Untuk menginap, hotelnya dah banyak di Palembang. Untuk hotel besar bisa menggunakan Novotel, Aryaduta, Quality, Sanjaya atau Swarna Dwipa. Untuk yang kecil banyak tersedia di penjuru kota kok.

Nah, saranku Jalan-jalan menuju ke Jembatan Ampera dan sekitarnya merupakan kunjungan wajib yang kudu dilakukan. Di area Jembatan Ampera ini, kita dapat melihat Sungai Musi secara langsung. Disini terdapat Benteng Kuto Besak yang di depannya terdapat pelataran dengan latar belakang Jembatan Ampera yang megah. Di pelataran ini sering diadakan acara besar yang sengaja menonjolkan background jembatan.

Nah dari sini kamu bisa jalan-jalan di sekitarnya. Mau ke museum istana Sultan, atau ke Benteng Kuto Besak, atau juga belanja-belanji ke Pasar 16 Ilir. Ada satu tempat yang bisa dikunjungi, yaitu naik perahu di sungai musi. Kita bisa mutar2 di sungai atau malah menuju pulau Kemaro.

Pulau ini merupakan pulau yang terdapat di tengah sungai musi. Di dalamnya terdapat tempat persembahyangan orang Budha. AKu sendiri belum pernah kesana jadi gak bisa cerita banyak. Nanti kalo aku bisa cerita lagi.

Nah kalo dah capek, di sisi sungai terdapat tempat makan yang cukup bonafid sih menurutku. Ada yang River Side dan restauran apa ya aku lupa. Disini makanannya standar restauran sea food pantai seperti di Medan atau Batam. Namun dalam menunya ditambah dengan menu-menu asli palembang. Nah makan sepuasnya dech…

Entry filed under: Jalan-jalan.

My first page Jembatan Barelang

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 1,249 hits

Top Clicks

  • None

Categories